21.8.09

Lama Les Bahasa Inggris, tapi Tak Juga Mahir?

created by dentiey.chiika at 12:35 AM
Umm, oke. Pernah merasa kek gitu gak? Yah, kalo gw sih jelas pernah. Sering malah. Wajar sih. Mengingat gue udah 5 tahun memperdalam tuh bahasa dan sampe sekarang belum juga mahir. Kadang gue mikir, guenya yang super lemot ato belajar bahasa inggris emang butuh waktu lebih dari 10 tahun? Dan gue dapet jawabannya.

Bermula dari guru bahasa inggris gue yang asli, Ms Nidya berhalangan ngajar dan alhasil, Mr. Ben lah yang ngegantiin Ms. Nidya. Masih menerapkan nilai dari luar, asumsi-asumsi positif tentang Mr. Ben mulai muncul dan terus-menerus nguasain otak gw. Dan bukan sekedar asumsi, ternyata Sir itu emang bener-bener top deh.

Kami semua emang gak belajar grammar atau memperbanyak vocab seperti biasa, tapi Sir Ben ngajarin hal terpenting dalam bahasa inggris, yaitu practice. Mungkin gw dah biasa denger slogan, “Practice makes Perfect” selama ini, tapi sebenernya gue belum pernah menerapkan apa yang terkandung dalam slogan itu secara real. Gw cuma manggut-manggut kalo ada guru yang bilang soal itu. Dan Sir Benlah orang pertama yang bisa ngebuat hati gue terenyuh.

Tau gimana caranya?

Awalnya, beliau memaparkan beberapa teori bahasa yang gue lupa. Secara, gak terlalu diperhatiin, so pastinya lupa lah. Hehe. Kemudian, beliau membuat sebuah analogi kek gini.

“Kalau saya punya sebuah ruangan. Ruangan itu saya gunakan untuk menyimpan buku-buku saya. Buku matematika, saya lempar. Fisika, juga saya lempar. Nah, kalau ada teman saya yang ingin pinjam, akan susah saya temukan karena letaknya berantakan. Memang ketemu, tapi lama. Dan begitu juga dengan otak kita. Alasan mengapa terkadang kita gagu kalau ditanya tiba-tiba dengan bahasa inggris, ya itu tadi, karena kosa-kata di otak kita berantakan dan tidak tertata.”

Gw yang awalnya bingung cuma manggut-mangut aja. Tapi, setelah gw pikir ulang, gw paham. Buku yang dia maksudkan adalah kosa-kata. Dan begitulah dengan otak gw. Meski banyak kosa-kata, tapi percuma kalo jarang dipake. Abis mikir kek gitu, Sir Ben kembali menguasai kelas. Beliau menjelaskan persis seperti yang gue terka. Sir Ben ngasih dua saran ato kiat jitulah biar bisa ngomong bahasa ingris secara lancar.

1. Kalo lagi senggang, coba ambil secarik kertas. Tulis apa yang lagi kita pikirin dan translate ke english. Kalo ada kata yang gak tau bahasa inggrisnya, jangan sungkan untuk minta bantuan ama mbah kamus.
2. Memang kek orang gila, tapi ini berhasil. Dari pada menung-menung di kamar, lebih baik bayangkan kalo kita lagi di suatu tempat, bandara misalnya. Bayangkan kalo ada turis asing yang tiba-tiba nanya ke kita mengenai arah. Dengan begitu, kita bakal lebih terlatih untuk ngomong dalam bahasa inggris—secara refleks pula.

Dan soal waktu, Sir Benn juga ngitung soal itu. Sir Ban nanya, apakah selama les kalian full ngomong dalam bahasa inggris?” Gw langsung jawab, “Enggak” dan begitu juga dengan anak-anak yang laen. Lalu, Sir Ben mengklaim bahwa rata-rata anak les itu Cuma ngomong bahasa inggris selama 5 menit. Meski awalnya gw mikir itu nggak mungkin, tapi akhirnya gw setuju. Yah, soalnya gw mikir. Presentasi yang keknya udah lama banget ajah terkadang cuma makan waktu 3 menit, apalagi les biasa. Sir Ben udah baik banget mau ngasih 5 menit sebagai acuan. Tapi, berhubung ada beberapa anak yang protes—mengaku bahwa di sekolah juga perlu diitung—, akhirnya diambillah 10 menit.

Ngitung dan ngitung, dapetlah hasilnya. 48 jam! Nah iya. Jadi, dari 5 tahun, gw Cuma ngomong bahasa inggris selama 48 jam? Jadi, wajar kan kalo bahasa inggris gw belum lancar? Wajar banget malah.

So? Yah, gw lagi nerapin langkah kesatu sekarang. Berharap apa yang dijamin Mr. Ben itu bener :)

0 comment on "Lama Les Bahasa Inggris, tapi Tak Juga Mahir?"

 

coretan dentiey :) Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez